17.09

Tips agar tetap bugar saat puasa


Berikut ini adalah 3 tips agar puasa anda lancar :

1.Melakukan sahur

Sahur dilakukan agar kondisi kesehatan dan tubuh kita tetap fit dalam menjalankan puasa. Dalam ilmu kesehatan, sahur berguna untuk memberikan energi untuk tubuh kita selama puasa agar kita tidak loyo. Sedangkan menurut agama, sahur dianjurkan karena ada hadist yang mengatakan bahwa di dalam sahur ada berkah yang besar. Jadi, intinya sahur itu penting.

Bicara soal sahur, tentu tak terlepas dari makanan dan minuman. Saya sarankan agar anda mengkonsumsi makanan berserat, berprotein dan makanan manis tapi makanan manisnya jangan terlau banyak. Makanan manis membuat kita cepat lapar di siang hari. Dan minumlah minuman yang berupa air putih dan minuman manis tapi minuman manisnya jangan terlalu banyak. Sebab, minuman manis dapat menyebabkan kita cepat haus di siang hari.

2.Berbuka dengan hati-hati

Berbuka adalah saat paling membahagiakan bagi orang puasa. Karena saat itulah kita bisa kembali menyantap makanan dan minuman yang disediakan. Dalam berbuka juga berlaku memilih-milih makanan dan minuman. Saya sarankan agar saat sebelum sholat maghrib atau saat baru berbuka, kita makan makanan manis tapi sedikit dan minuman air putih atau minuman manis dengan catatan minuman manisnya tidak terlalu banyak. Hindari minuman es dan bersoda juga makanan yang berat atau terlau banyak saat baru berbuka. Karena lambung kita belum siap menerima makanan sehingga terjadi gejala sakit perut, mual dan muntah.

Kita baru boleh makan makanan berat dan minuman es atau soda setelah kita selesai sholat maghrib. Karena lambung kita dirasa sudah cukup untuk memerima makanan dan minuman tersebut. Dan setelah tarawih boleh dilanjutkan dengan makan camilan.

3.Berolahraga

Kegiatan ini maksudnya adalah olahraga kecil atau jogging yang dilakukan menjelang berbuka. Hal ini dilakukan agar badan kita tidak loyo karena peredaran darah lancar. Oleh sebab itu, berolahraga ringan tetap diperlukan agar tetap bugar saat puasa.

Itulah tips dari saya, semoga bisa membantu orang khususnya yang akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Sumber : www. pendyaneh.blogspot.com diedit seperlunya oleh penulis.